PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT MUARAKATI BARU SATU PALEMBANG
Abstract
Kebutuhan manusia merupakan kebutuhan yang tak terbatas.Manusia memiliki tiga jenis kebutuhan yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Semua kebutuhan ini merupakan hal terpenting akan kelangsungan hidup manusia itu sendiri terutama kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok sendiri terdiri seperti sandang papan pangan yaitu kebutuhan akan untuk hal yang penting seperti baju, makanan dan tempat tinggal. Yang paling utama adalah kebutuhan akan tempat tinggal, tempat tinggal atau biasa kita sebut rumah merupakan hal yang terpenting sebagai tempat untuk kita bernaung dan tempat untuk bersosialisasi dengan lingkungan oleh karena itu banyak orang menginginkan tempat tinggal yang layak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 207 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa semua variabel independen (kualitas produk dan harga ) berpengaruh positif terhadap minat beli. Pengaruh positif terbesar terhadap minat beli kosmetik harga adalah pada variabel kualitas produk hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien regresi sebesar 0,127, kemudian diikuti oleh variabel harga yang ditunjukkan dari nilai koefisien regresi sebesar 0,645. Hasil uji Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,789 atau 78,9%. Artinya variabel kualitas pelayanan dijelaskan sebesar 78,9 % oleh kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 21,1 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.